Monday, February 23, 2015

[SPEECH] Awas, Gatal Jangan Sembarang Digaruk!



Awas, Gatal Jangan Sembarang Digaruk!
Assalamu’alaikum WR.WB.
            Yang terhormat Guru Bahasa Indonesia saya, Ibu Rini, dan teman-teman yang telah memberikan saya kesempatan untuk berbicara, serta puji syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan kita kesehatan. Semoga Allah SWT selalu memberikan anugerahnya kepada kita umatnya. Amin.
            Selanjutnya, izinkanlah saya untuk memperkenalkan diri dan menyampaikan topik yang akan menjadi bahasan pidato kali ini. Nama saya Pinky Nur Azizah, perwakilan dari kelompok W.S.Rendra. Teks yang akan saya bawakan adalah teks eksposisi klasifikasi dengan topik, “Awas, Gatal Jangan Sembarang Digaruk!”

            Saat kita merasa gatal pada salah satu anggota tubuh kita, tangan kita sponton akan menggaruknya. Padahal, debu serta berbagai kotoran menempel di tangan serta kuku kita tanpa disadari. Apalagi kalau kita menggaruknya terlalu keras, maka akan mengakibatkan luka lecet. Tapi tidak perlu khawatir. Gatal dapat diatasi sesuai dengan gejalanya.
1.      Gatal Karena Gigitan Nyamuk
Ketika nyamuk menghisap darah kita, ia akan mengeluarkan cairan untuk mencegah bekunya darah. Cairan itulah yang menyebabkan gatal pada kulit kita.
Pada saat gatal, usaplah perlahan dengan tangan. Untuk mengatasinya, olesi dengan minyak kayu putih atau bedak cair anti gatal.
2.      Gatal Karena Ketombe
Ketombe disebabkan oleh jamur P.Ovale.
Untuk mengatasinya, jagalah kulit kepala agar tetap kering, sehingga jamur tidak berkembang biak. Juga, hindari stres atau suhu udara panas. Dan, pilihlah sampo anti ketombe.
3.      Gatal Karena Alergi
Alergi akan terjadi bila penderita terkena alergen (penyebab alergi). Nah, obat untuk mengatasinya adalah antihistamin. Namun, obat ini dapat menyebabkan kantuk. Maka dari itu, hindarilah faktor penyebabnya.
4.      Gatal Karena Biang Keringat
Ketika keringat muncul, gatal langsung menyerang. Untuk mengatasinya, taburkan bedak gatal atau bedak biang keringat pada tubuh yang terkena. Untuk mencegahnya, jagalah kebersihan badan dan kenakan pakaian yang menyerap keringat.
            Seperti dikatakan Sherlock Holmes, "Ketidaktahuan disebabkan pengamatan visual dan bukannya menyeluruh". Jadi, ketika merasakan gatal pada anggota tubuh kita, jangan langsung digaruk. Obatilah sesuai dengan jenis gatalnya.
Akhir kata saya ucapkan terima kasih dan mohon maaf yang sebesar-besarnya apabila ada yang tidak berkenan di hati ataupun ada kesalahan. Buah tomat buah peteuy. Akhirnya tamat euy.
Wassalamu’alaikum WR.WB.

Nama Kelompok W.S.Rendra:
·        Anggie Gavrila.A
·        M.Alif Ilmadia.P
·        M.Taufik Bima.P
·        Mayang Sagita.R
·        Melani Magdalena.H
·        Melia Sari
·        Nabila Rihadatul.A.Y
·        Pinky Nur.A

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...